Langsung ke konten utama

Nasionalis[still]me

Upacara bendera di kantor kecamatan jadi schedule pertama gue di pagi hari tanggal 17. Pagi sekitar pukul 8 gue jalan ke kantor kecamatan deket rumah buat sedikit menunaikan kewajiban gue sebagai warga sipil yang teladan. Loh kenapa pukul 8? Bukannya upacara bendera mulai jam 7? Yaiyalah gue dateng jam segitu, kan gue bukan anggota pengibar bendera. Gue dari dulu ngga terlalu suka sama pelatihan baris-berbaris. Dulu pas ikut osis aja gue males-malesan. Dan gue juga bukan peserta, karena status gue bukanlah pelajar atau mahasiswa saat itu.


Terus gue ngapain? Gue cuman ikut-ikutan aja ngeliatin upacara dari jarak yang lumayan jauh. Kalo dibolehin sih gue pengen ikut masuk barisan. Tapi, aduhh, kayanya kurang lucu aja kalo mendadak gue yang pake celana pendek, t-shirt, and kupluk masuk ke barisan anak SD. Setelah gue pikir matang-matang akhirnya gue mengurungkan niat itu.


Sebenernya alesan gue dateng kesana itu cuma karna keponakan gue ikut marching band yang bakal tampil nanti di akhir upacara. Sebagai anggota keluarga yang baik gue harus menyaksikan peristiwa bersejarah, paling enggak bersejarah buat keponakan gue itu. Keponakan gue megang alat musik drum gede yang diiket diperutnya. Gue rasa semua orang juga pasti kasian ngeliat keponakan gue, secara badan dia kecil dan drum itu paling ngga punya berat setengah berat dia. Sedikit banyak gue bangga dengan itu.


Oke gue dateng pas bagian penaikan sang saka di tiang. Gue gatau kenapa waktunya pas banget, saat mesin motor gue matiin saat itu juga protokol ngebacain sesi menaikkan bendera merah putih. Dan jujur aja nih, gue sendiri udah lama banget ngga ngeliat penaikan bendera langsung di upacara. Terakhir kalo ngga salah 2 tahun lalu pas gue masih SMK. Itu juga karna gue anggota OSIS, dan pas tanggal 17 di sekolah diadain upacara penaikan bendera. Selama 3 tahun gue jadi siswa di SMK swasta, selama 3 tahun itu pula jadwal gue selalu masuk siang terus. Oleh karena keadaan itu pada akhirnya sepanjang masa SMK gue cuma bisa liat penurunan bendera pada sore di hari sabtu.


Saat paskibra mulai perform buat naekin bendera, yang gue lakuin waktu itu adalah gue lagi maen hape! Iya bener. Berhubung malemnya itu adalah gelaran match perdana EPL dan klub favorit gue main. Ya udah jadi keharusan gue buat ngecek
timeline twitter siapa tau ada postingan tentang my beloved club Arsenal yang menang. Jadi gue cuek aja dan ngga bener-bener merhatiin apa yang mereka lakuin di depan sana.


Tapi suasana mendadak berubah drastis, dari kejauhan gue denger ada seorang yang berteriak lantang , orang itu menggenggam kedua ujung bendera Merah Putih...

Situasi senyap dan hening sejenak. Dan saat itu angin menyapu pelan ke arah muka gue...wusss.wusss... Gue yang lagi nunduk mandangin smartphone seakan dipaksa buat ngeganti koordinat kepala gue buat naik beberapa derajat.




"Indonesia... Tanah Airku. Tanah Tumpah Darahku..."

Lagu nasional sedang berkumandang di kejauhan sana. Merambat melalui udara dan berhasil merasuk ke kuping gue. Terdengar pelan tapi berdentum disekujur syaraf gue. Saat itu gue sadar jiwa nasionalisme gue kepanggil cuma karna mendengar lagu. Sepersekian detik kemudian tanpa dikomando tangan gue terangkat sampe ke kepala untuk memberi hormat ke Merah Putih.


Pedih... Mungkin kedengeran lebay tapi pas lagu itu dinyanyiin sontak jiwa nasionalisme gue meronta. Pernah ngerasain jadi orang yang ngga berguna? Nah sepertinya itu yang gue rasain saat itu. Di tahun kemerdekaan negara gue yang ke-69, saat itu gue berumur 18 tahun. Dan apa yang udah gue lakukan buat negara ini? Ngga ada, atau bisa dibilang belum ada. Jangankan buat negara, gue aja masih malu nyebutin apa yang udah gue lakuin buat diri gue sendiri.


Beberapa menit berlalu sampai paduan suara berhenti nyanyi. Keringet gue udah bermunculan karna cuaca pagi itu yang cerah dan lumayan panas. Setelah lagu selesai dan gue kembali ke posisi awal gue saat itu gue sadar kalo itu pertama kali gue hormat sama bendera sekhidmat itu. Padahal status gue bukan peserta upacara yang lagi baris di depan. Bahkan dulu waktu gue jadi petugas upacara di sekolah perasaan gue belum pernah setentram tadi.


Sampe rumah gue merenung arti sebuah nasionalisme secara subjektif. Secara perspektif diri gue sendiri. Gue menggali ke semua pikiran gue, tentang gimana cara gue berfikir, tentang gimana yang gue nilai, tentang apa yang gue rasa. Semua gue kumpulin jadi satu di-memory gue dan langsung gue tumpahin siang itu. Di atas keyboard laptop gue mengubahnya jadi kata yang sebagian gue share di blog gue ini.


Udah bukan rahasia umum lagi kalo nasionalisme artinya adalah rasa cinta akan tanah air. Dan gue yakin mayoritas warga Indonesia pasti bakal jawab gitu kalo ditanya arti nasionalisme. Nah yang mau gue tulis di blog ini adalah nasionalisme dalam artian khusus. Artian yg melibatkan perspektif gue. Relatif yg menurut sudut pandang gue tentang definisi kata sifat itu.


Jadi menurut gue yg notabene cuma seorang sipil biasa. Nasionalisme Adalah suatu perasaan yg keluar dari dalam diri lo. Perasaan murni yg mendasar dan muncul saat lo melihat, mendengar, merasakan suatu hal tentang tanah air lo. Entah hal itu negatif atau positif dan apapun bentuknya.
 

Sebenernya banyak yg mau gue tulis, nanti gue edit lagi deh. Hehe.
K,! See you when i see you.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beat Yourself.

Heloow~ Kemarin, tepatnya hari minggu gue abis ada pertemuan sama temen di komunitas gue. Wait... Komunitas? Iya buat yang belum tau, gue jadi salah satu volunteer di komunitas hijau di kota gue. Apa itu volunteer? Volunteer adalah sukarelawan, dia yang punya dedikasi terhadap suatu hal apapun itu dan mau mengerjakannya dengan sukarela tanpa   pamrih. Dia yang mau meluangkan waktu, tenaga, materi untuk kegiatan dengan ikhlas. Yaa, ehm, kaya gue gini. Cukup pengertian tentang volunteer, nanti gue dikira sombong lagi. Yang mau gue bahas disini adalah apa yang gue lakuin bareng mereka, maksud gue yang akan. Jadi kemarin itu kita ngebahas agenda untuk 3 bulan mendatang, Aksi apa aja yang bakal kita adakan untuk memperingati beberapa hari lingkungan kedepan. Seperti biasa, saat rapat berlangsung gue bersikap pasif. Gue emang kurang jago urusan ngomong dan jadi pusat perhatian di forum resmi kaya gitu. Tapi jangan salah ya, kalo disuruh ngomong depan gebetan sih gue u

Selenophile

Baiklah. 10 Agustus 2021 "Sepertinya memang sudah waktunya." Terbersit kata-kata itu di benakku sepulang dari kediaman Bapak Sekdes, awalnya aku kira kalimat itu hanya sekedar pemikiran yang spontan dan biasa. Seperti saat aku memikirkan bagaimana bisa seorang temanku sering datang terlambat padahal rumahnya dekat atau saat aku berencana meminta camilan di meja seorang rekan kerja untuk meredam lapar di sore hari . Aku melihat itu hanya pikiran biasa dan tidak memiliki arti apapun. Sore itu dalam perjalanan pulang berlatarkan matahari yang menggantung dan terus turun ke arah barat bumi. Sinarnya melemah seiring menit berlalu, aku merasakan waktu sangat cepat menyeret gelap muncul yang dimulai dari timur langit merembet perlahan memenuhi angkasa. Cahaya meredup sayup-sayup. Saat pertama aku tanpa sadar merapal harap agar gelap tidak menampakkan dirinya terlebih dahulu dan bisa menunggu lebih lama lagi, aku ingin lebih lama lagi, tolonglah.  Sebuah doa klise yang tidak mungkin

Turbulensi

Beberapa jam sebelum hari kemarin berakhir gue udah hampir collaps. Dengan sederet kejadian mengejutkan yang gue alamin sedari pagi sampe sore yang bisa bikin migrain. Kejadian berantai, maksud gue. Karena hal itu gue jadi ngga bisa melakukan hal ini. Karena hal ini ngga bisa gue lakukan, hal itu akhirnya ngga jadi. Sesuatu semacam itu, kalian pasti paham lah.   Kebanyakan manusia beruntung di hari kelahirannya, ya gue tau itu opini gue aja. Meskipun cuman opini tapi gue yakin banget, soalnya banyak temen/seseorang yang gue tau. Dari cerita yang gue denger dari mereka, ataupun dari yang gue tau. Hoki mereka seakan berlipat. Dan itu yang jadi patokan gue dalam menilai hari kelahiran. Hari yang beruntung.   Tapi semesta punya rencana lain buat gue. Selalu begitu, Tuhan Maha Mengejutkan.