Langsung ke konten utama

Good is Never Enough



Gue nulis ini tengah malem dengan kopi yang jadi perantara mata dan tangan gue. Disaat keadaan di luar lagi ujan gerimis merdu dan sukses ngerasukin jari gue buat ngetik beberapa kalimat yang emang selalu menuhin pikiran gue.


Besok, hari sabtu temen alumni sekolah gue ada yang bikin hajatan. Yahh bukan temen akrab sih, tapi masalah hajatan gitu sih kenal aja udah cukup buat syarat nebus undangan dia. Jadilah gue diundang ke pernikahan dia. Gue tadinya udah excited banget pengen dateng. Bukan, bukan karna mau ketemu pasangan pengantin baru yang malam harinya bakal begadang itu. Tapi buat ketemu temen-temen gue, pastinya banyak temen alumni gue yang dateng kesana. Untuk alasan itulah gue jadi onfire buat menyisihkan sedikit dari sedikit uang gue buat amplopan. Karna emang gue udah lama
ngga kumpul sama mereka, tepatnya udah 1 tahun lebih gue ngga ketemu mereka yang notabene kebanyakan sibuk kuliah.


Sampai akhirnya gue nyari info buat naek apa dan kapan kira kira berangkat rombongan ke lokasi pada hari H. Jatuhlah pilihan itu ke temen gue yang emang dari dulu bisa dibilang humas yang belum resmi dilantik. Kenapa gue bilang dia humas. Karna dia punya info teraktual seputar temen-temen gue. Info baru, lama, atau kadaluarsa sekalipun ngga pernah luput dari kupingnya. Gue hubungin dia via Blackberry Massenger, gue buka conversation dari hal yang mendasar dulu buat basa basi. Biar ngga kaku aja gitu, baru deh gue tanya tentang apa tujuan gue kontek dia.



Lalu poffffff...


Rencana gue mendadak ancur lebur jadi butiran debu.
Temen gue itu ngasih tau kalo rombongan rencana berangkat pagi ke lokasi hajat. Gue tau motif mereka berangkat kesana pagi pasti sekalian cari sarapan, tapi aduh. Gue ga bisa dateng pagi! Itu yang bikin gue mendadak hopeless dan spechless bersamaan. Bayangan gue bakal foto selfie sama temen gue mendadak kandas kaya balon gas yang disambit jarum.


Bukan, gue bukan punya penyakit yang ngewajibin gue tidur pas pagi. Tapi saat ini status gue masih jadi pekerja rendahan yang bahkan weekend kaya sabtu pun masih harus kerja setengah hari.
Walaupun hopeless gue masih belum patah arang. Gue coba bujuk si koordinator buat reschedule waktu berangkat. Udah gue rekomendasiin diganti jadi malem biar lebih asik, tapi dia bergeming. Dan kampretnya koordinator itu bilang "Malemnya gue mau pacaran." pas gue ajakin berangkat malem. Bukan maen sindirannya. Gue tau banget itu ditujukan buat gue yang single (jomblo). -_-


Lalu akhirnya rombongan tetep jalan besok pagi dengan tanpa gue. Mereka enak mayoritas mahasiswa yang udah libur. Bisa pergi kapan aja saat liburan yang lumayan lama. Lah gue? Mau ngambil cuti juga nanggung bentar lagi mau resign. :p
Jadi dengan segala hormat gue memutuskan buat ngga dateng ke acara hajatan itu. Lagian kayanya gue ngga terlalu diharapkan dateng, dia ngundang gue juga kayanya formalitas doang. Buat nambah nambahin kuota undangan aja. Atau ada undangan sisa yang belum dinamain, lalu dia keinget gue. Gue gatau dah jelasnya kaya gimana.


Inti cerita gue adalah, hidup terus berjalan ga perduli lo siap atau engga. Hidup ga akan nungguin lu sampai siap. Dia akan pergi tanpa toleransi, berjalan terus ke arah depan dengan atau tanpa lo. Kalo lu mau ikut ya syukur, kalo ngga yaudah gue tinggalin. Kira-kira kasarnya kaya gitu.


Gue saat nulis ini ngerasa kesel sama diri gue sendiri. Kenapa? Ya karna gue ngga bisa lebih baik dari pikiran gue sendiri. Gue hampir bagus dalam segala hal, serius. Tapi gue cuma engga bisa ngeluarin itu dari pikiran gue dan menjadikan itu sebagai kegiatan. Mereka menggumpal mengisi setiap ruang di otak, lalu mantul-mantul ke segala arah. Dan saat kepala lo penuh tapi lo sama sekali ga bisa manfaatin, itu adalah hal yang sangat menyedihkan.


Sebenarnya judul di atas itu ga ada hubungannya sama isi lagu Ariana Grande yang Almost is Never Enough. Meskipun mirip dan cuma beda kata depannya sih. Oke gue akuin, saat penamaan judul post emang gue terinspirasi sama judul itu. Tapi cuma itu aja, isi di dalemnya sama sekali ga ada hubungannya.


Dan judul ini gue rasa paling pas sama beberapa pemikiran yang gue pikirin belakangan ini. Jadi orang yang berguna dan bagus dalam sesuatu itu penting, tapi bagus aja ngga bakal cukup. Dunia butuh mereka yang bagus banget dalam satu hal. Bukan cukup bagus dalam beberapa hal, tapi lebih bagus lagi kalo bagus banget dalam beberapa hal yang bisa berguna dan berdampak positif. Tapi pasti susah deh jadi orang yang kaya gitu.


Kalo aja saat ini gue udah bisa memaksimalkan potensi yang ada di diri gue. Mungkin gue udah pindah tempat kerjaan yang ada libur pas weekend dan gue jadi bisa ikut kondangan bareng mereka. Penyesalan karna hal kecil, tapi semoga bisa berdampak besar buat alam bawah sadar gue. Biar mereka bisa pecut gumpalan yang ada di otak gue buat keluar dan jadi sesuatu yang lebih berguna.


Yah gue sepertinya emang beda. Dan menurut beberapa tokoh terkenal di dunia yang udah jadi pioner dalam 'Perubahan". Mereka selalu bilang jadi berbeda itu emang perlu. Tapi perbedaan dalam artian cenderung negatif sepertinya bukan hal yang dimaksud kalimat sebelumnya. Gue sebenernya yakin kalo gue bisa lebih menggali potensi dalam diri gue, cuma gue belum nemu waktu yang tepat buat itu. Sampai saat itu tiba nanti, gue ngga bakal ngelewatin acara hajatan temen gue pas weekend. Karna gue percaya saat kita pergi ke tempat orang berbahagia, sedikit banyak kebahagiaan itu akan menghampiri dan membuat kita merasakanya juga. Analoginya saat kita menghampiri orang yang sedang maen air pasti dong kita kecipratan. Segitu dulu aja.

K! see you when i see you.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beat Yourself.

Heloow~ Kemarin, tepatnya hari minggu gue abis ada pertemuan sama temen di komunitas gue. Wait... Komunitas? Iya buat yang belum tau, gue jadi salah satu volunteer di komunitas hijau di kota gue. Apa itu volunteer? Volunteer adalah sukarelawan, dia yang punya dedikasi terhadap suatu hal apapun itu dan mau mengerjakannya dengan sukarela tanpa   pamrih. Dia yang mau meluangkan waktu, tenaga, materi untuk kegiatan dengan ikhlas. Yaa, ehm, kaya gue gini. Cukup pengertian tentang volunteer, nanti gue dikira sombong lagi. Yang mau gue bahas disini adalah apa yang gue lakuin bareng mereka, maksud gue yang akan. Jadi kemarin itu kita ngebahas agenda untuk 3 bulan mendatang, Aksi apa aja yang bakal kita adakan untuk memperingati beberapa hari lingkungan kedepan. Seperti biasa, saat rapat berlangsung gue bersikap pasif. Gue emang kurang jago urusan ngomong dan jadi pusat perhatian di forum resmi kaya gitu. Tapi jangan salah ya, kalo disuruh ngomong depan gebetan sih gue u

Selenophile

Baiklah. 10 Agustus 2021 "Sepertinya memang sudah waktunya." Terbersit kata-kata itu di benakku sepulang dari kediaman Bapak Sekdes, awalnya aku kira kalimat itu hanya sekedar pemikiran yang spontan dan biasa. Seperti saat aku memikirkan bagaimana bisa seorang temanku sering datang terlambat padahal rumahnya dekat atau saat aku berencana meminta camilan di meja seorang rekan kerja untuk meredam lapar di sore hari . Aku melihat itu hanya pikiran biasa dan tidak memiliki arti apapun. Sore itu dalam perjalanan pulang berlatarkan matahari yang menggantung dan terus turun ke arah barat bumi. Sinarnya melemah seiring menit berlalu, aku merasakan waktu sangat cepat menyeret gelap muncul yang dimulai dari timur langit merembet perlahan memenuhi angkasa. Cahaya meredup sayup-sayup. Saat pertama aku tanpa sadar merapal harap agar gelap tidak menampakkan dirinya terlebih dahulu dan bisa menunggu lebih lama lagi, aku ingin lebih lama lagi, tolonglah.  Sebuah doa klise yang tidak mungkin

Turbulensi

Beberapa jam sebelum hari kemarin berakhir gue udah hampir collaps. Dengan sederet kejadian mengejutkan yang gue alamin sedari pagi sampe sore yang bisa bikin migrain. Kejadian berantai, maksud gue. Karena hal itu gue jadi ngga bisa melakukan hal ini. Karena hal ini ngga bisa gue lakukan, hal itu akhirnya ngga jadi. Sesuatu semacam itu, kalian pasti paham lah.   Kebanyakan manusia beruntung di hari kelahirannya, ya gue tau itu opini gue aja. Meskipun cuman opini tapi gue yakin banget, soalnya banyak temen/seseorang yang gue tau. Dari cerita yang gue denger dari mereka, ataupun dari yang gue tau. Hoki mereka seakan berlipat. Dan itu yang jadi patokan gue dalam menilai hari kelahiran. Hari yang beruntung.   Tapi semesta punya rencana lain buat gue. Selalu begitu, Tuhan Maha Mengejutkan.