Langsung ke konten utama

End of September


30 September. Hari ini, tanggal terakhir di bulan September. Bulan spesial buat gue dan mungkin beberapa orang yang punya kejadian khusus di bulan ini. September selalu menggambarkan keceriaan. Itu yang gue tangkep dari slogan salah satu brand fashion di Mall. Dan emang iya, menurut gue pribadi. September itu bulan yang sangat indah. Karena September adalah bulan dimana gue menghela nafas, lalu menangis dengan mata terpejam, lalu merasakan sesuatu yang mungkin menyakitkan jika saat itu gue tau. Yep, I was born on this month.


Banyak orang bilang semangat kita akan bertambah berkali-kali lipat saat memasuki bulan kelahiran. Mungkin yang menjadi acuan pendapat mereka karena ada tanggal khusus yaitu tanggal kelahiran. Ya emang, gue akuin spirit gue di bulan September beberapa tingkat di atas bulan-bulan yang lain. Tapi semua relatif, ngga mungkin tiap tahun gue kaya gini. Tahun lalu contohnya, gue biasa-biasa aja karena pada saat itu status gue baru lulus sekolah dan masih bingung. Gue masih inget tahun kemarin gue masih jobless dan kerjaannya cuma di rumah. Bener-bener waktu mengenaskan. Dan tau yang lebih mengenaskan? I repeat that shit activities.


Sampe saat gue ngetik ini, dari 19 September yang udah gue lewatin, ada beberapa yang udah total gue lupain. Tapi ada beberapa yang bakal terus ada di memory otak gue. Kaya dulu tuh gue lupa ulang tahun yang ke-berapa saat gue di beliin maenan plastik sama emak gue. Gue lupa tepatnya, tapi yang gue inget gue dapet hadiah itu saat gue belum makan bangku sama meja sekolahan. Kronologisnya gini, pas sore hari entah beberapa tahun silam. Oh iya, gue ini
emang selalu di doktrin kalo siang itu harus tidur siang. Jadi hari itu gue tidur siang dari abis dzuhur. Selain karena alesan doktrin tadi alesan lain gue tidur siang itu karena biar kuat begadang nonton Power Rangers. Dulu pas gue masih kecil sanggup melek tepat jam 10 malem aja udah suatu keajaiban. Dan yang jadi pertanyaan gue yang belum kejawab sampe sekarang adalah, kenapa waktu itu Power Rangers yang notabene tontonan anak kecil tayang jam 9 malem?


Oke balik ke tidur siang. Gue yang lagi lucu-lucunya itu bangun dengan keadaan mata yang merem melek. Gue inget tangan gue nyari guling yang mendadak raib dari pelukan gue. Beberapa detik gue meraba-raba akhirnya dapetlah itu benda panjang yang langsung gue peluk. Gue peluk dan lanjutin tidur, sampe syaraf di otak gue mulai menyadari kejanggalan. Agak lama gue sadar kalo guling empuk yang biasanya mendadak jadi keras. Begitu menyadari ada yang mencurigakan, dengan sangat terpaksa gue bangun dan gue baru sadar kalo ternyata saat itu gue lagi meluk kado! KADO!


Gue sebagai anak kecil pada umumnya, ngeliat benda dibungkus kertas kado gitu udah pasti memancing insting alami gue buat melucutinya. Tangan gue dengan buas nyari ujung kertas dan selotip. Ditambah otak gue yang kalap mau ngoyak-ngoyak jadi serpihan kecil. Gue ngga tau kenapa tapi saat itu mata gue begitu awas. Gue langsung lupa rasanya ngantuk. Mungkin itu esensi dari sebuah kado. Bukan apa yang ada di dalamnya, tapi siapa yang memberi dan bagaimana dia memberinya. Dan kado itu masih gue inget ampe sekarang, action figure kura-kura ninja yang terbuat dari plastik yang bener-bener biasa aja. Bahkan di perutnya ada tempat buat kelereng. Gue masih inget banget.-_-


Beberapa kalimat di atas itu kronologis hari ulang tahun. Mungkin itu bukan yang pertama gue dikasih hadiah, tapi itu pertama yang masih bisa gue inget, yaitu saat gue masih berumur kurang dari 5 tahun.


Well, gue ngga tau kenapa arah tulisan gue jadi ngebahas hari ulang tahun gini. Padahal post kali ini bukan tentang hari ulang tahun gue. Tapi tentang bulan September. Kenapa ngga gue apus aja? Gini, gue pernah baca kutipan siapa gitu. Dia seorang sastrawan dari luar negeri. Kutipannya gue lupa gimana tapi intinya kalo ngga salah, “Mulailah menulis, dan biarkan imajinasimu yang membawamu ke akhir.”. Jadi dengan berdasar sama kalimat itu gue ngga mau ngilangin part tulisan ulang tahun masa kecil itu. Karena itu bagian dari imajinasi gue yang keluar saat gue ngetik ini. Hehe.


Back to September... Tepatnya 30 September. Hari dimana banyak orang di media sosial bakal update kalo mereka lagi dengerin lagu Wake Me Up When September End-nya Green Day. Buat orang berumur, mereka bakal dengerin lagu Vina Panduwinata yang ada kata Septembernya, gue lupa judul lengkapnya.


Dan buat gue, awalnya tanggal 30 September sangat biasa aja. Awalnya...


Sekarang, hari ini. Hari dimana setahun yang lalu kita mengawali. Hari dimana kita, dua kutub yang disatukan ‘garis’. Sampe kapanpun gue ngga bakal lupa tanggal ini. Tapi bukan berarti tanggal ini sangat spesial ya, bukan. Tanggal ini cuma dapet rating 7.5 dari 10 point maksimal.


Gue emang orangnya gini, gue tuh suka inget moment penting. Sebenernya bukan moment ini aja sih, masih banyak tanggal yang memorable banget yang berhubungan sama orang-orang terdekat gue. Dan semoga nanti bisa gue update satu-persatu.


Kelengkapannya bakal gue tulis tanggal 3 Februari 2015. Makasih buat yang mau baca postingan kentang nan minim isi ini. Dan kalo gue boleh jujur, postingan kali ini yang paling ‘ngga banget’ dibanding yang lainnya. Mhehe.

K. See you when I see you~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beat Yourself.

Heloow~ Kemarin, tepatnya hari minggu gue abis ada pertemuan sama temen di komunitas gue. Wait... Komunitas? Iya buat yang belum tau, gue jadi salah satu volunteer di komunitas hijau di kota gue. Apa itu volunteer? Volunteer adalah sukarelawan, dia yang punya dedikasi terhadap suatu hal apapun itu dan mau mengerjakannya dengan sukarela tanpa   pamrih. Dia yang mau meluangkan waktu, tenaga, materi untuk kegiatan dengan ikhlas. Yaa, ehm, kaya gue gini. Cukup pengertian tentang volunteer, nanti gue dikira sombong lagi. Yang mau gue bahas disini adalah apa yang gue lakuin bareng mereka, maksud gue yang akan. Jadi kemarin itu kita ngebahas agenda untuk 3 bulan mendatang, Aksi apa aja yang bakal kita adakan untuk memperingati beberapa hari lingkungan kedepan. Seperti biasa, saat rapat berlangsung gue bersikap pasif. Gue emang kurang jago urusan ngomong dan jadi pusat perhatian di forum resmi kaya gitu. Tapi jangan salah ya, kalo disuruh ngomong depan gebetan sih gue u

Selenophile

Baiklah. 10 Agustus 2021 "Sepertinya memang sudah waktunya." Terbersit kata-kata itu di benakku sepulang dari kediaman Bapak Sekdes, awalnya aku kira kalimat itu hanya sekedar pemikiran yang spontan dan biasa. Seperti saat aku memikirkan bagaimana bisa seorang temanku sering datang terlambat padahal rumahnya dekat atau saat aku berencana meminta camilan di meja seorang rekan kerja untuk meredam lapar di sore hari . Aku melihat itu hanya pikiran biasa dan tidak memiliki arti apapun. Sore itu dalam perjalanan pulang berlatarkan matahari yang menggantung dan terus turun ke arah barat bumi. Sinarnya melemah seiring menit berlalu, aku merasakan waktu sangat cepat menyeret gelap muncul yang dimulai dari timur langit merembet perlahan memenuhi angkasa. Cahaya meredup sayup-sayup. Saat pertama aku tanpa sadar merapal harap agar gelap tidak menampakkan dirinya terlebih dahulu dan bisa menunggu lebih lama lagi, aku ingin lebih lama lagi, tolonglah.  Sebuah doa klise yang tidak mungkin

Turbulensi

Beberapa jam sebelum hari kemarin berakhir gue udah hampir collaps. Dengan sederet kejadian mengejutkan yang gue alamin sedari pagi sampe sore yang bisa bikin migrain. Kejadian berantai, maksud gue. Karena hal itu gue jadi ngga bisa melakukan hal ini. Karena hal ini ngga bisa gue lakukan, hal itu akhirnya ngga jadi. Sesuatu semacam itu, kalian pasti paham lah.   Kebanyakan manusia beruntung di hari kelahirannya, ya gue tau itu opini gue aja. Meskipun cuman opini tapi gue yakin banget, soalnya banyak temen/seseorang yang gue tau. Dari cerita yang gue denger dari mereka, ataupun dari yang gue tau. Hoki mereka seakan berlipat. Dan itu yang jadi patokan gue dalam menilai hari kelahiran. Hari yang beruntung.   Tapi semesta punya rencana lain buat gue. Selalu begitu, Tuhan Maha Mengejutkan.