Langsung ke konten utama

I do Smile

Dua hari lalu, tepatnya hari sabtu di malam minggu yang mencekam. Gue dateng ke acara hajatan alias nikahan temen (cewe) gue. Yahh kalo ditanya, dia emang bukan temen deket gue. Tapi seperti apa yang udah gue jelasin di another post. Lo ga perlu jadi temen deket seseorang buat dapetin undangan pas dia bikin hajatan.


Oke lanjut ke nikahan tadi. Berhubung malam itu gue ngga ada jadwal. Jadilah gue untuk menyanggupi permintaannya buat hadir disana. Di tempat dimana gue bakal ngeliat dua orang sejoli yang bakal bersatu secara harfiah pada malam harinya. Tempat dengan persentase kemungkinan terbesar gue bakal ngedenger beberapa pertanyaan basa-basi yang kemungkinan bersifat karsinogenik yang bakal terlontar dari mulut temen-temen gue. Dan
dari sekian banyak pisau berbentuk pertanyaan yang dilayangkan ke muka gue itu. Cuma satu pertanyaan yang paling gue hindarin. Apaan itu? Nanti deh gue bahas di post lainnya. Tapi untungnya saat malam itu cuman satu dari sekian banyak mereka yang sukses ngebantu keringet dingin keluar dari pori-pori jidat gue. Cuman satu orang yang nanya padahal, tapi bener-bener bikin gue mati kutu, salah tingkah setengah mampus. Ugh.


Lo harus tau rasanya gimana, saat kalimat paling-engga-lo-harapkan itu berhasil mencuat ke permukaan. Mungkin lo bakal sepakat sama gue kalo udah ngerasain. Gue sempet berharap bakal ada invasi alien dadakan dateng dari galaksi andromeda yang dengan sengaja iseng ngacak-ngacak acara hajatan itu. Tapi setelah gue pikir ulang, kasian juga yang punya hajat. Modal buat gelar hajat aja belum tentu balik, eh masa mau di ancurin gitu aja. Akhirnya gue ganti fantasi gue jadi yang lebih menguntungkan, kaya mendadak ujan bongkahan emas segede helm.


Akhir dari lamunan gue adalah saat dia teriak. Entah karena dia kesel pertanyaannya gue kacangin atau barusan dia lagi latihan buat konser metal. Gue cenderung ke asumsi pertama sih karena gue baru inget dia bukan vokalis. Well, jadi dengan sangat terpaksa gue keluarin jurus turun-temurun dari leluhur gue untuk mengantisipasi pertanyaan basa-basi yang berpotensi bikin kena serangan jantung ringan itu. Jujur aja nih, gue tuh orangnya gampang banget ngomong, apapun bisa gue jadiin bahan pembicaraan. Dari mulai sepakbola dalam negeri, kisah mitologi Yunani, lukisan Monalisa-nya Leonardo DaVinci, atau orang lewat yang ternyata banci. Apa aja bakal nyambung sama gue. Serius. Dan saat itu cuma satu pertanyaan bedebah itu aja yang bisa bikin gue memakai pilihan terakhir yaitu ngeluarin teknik rahasia gue. Yang adalah.... “SENYUM”.


Yup! Smile it's a miracle.


Garis lengkung itu bukan hanya sebuah garis. Senyum adalah simbol yang kuat. Kadang jadi senjata yang sangat ampuh. Dengan senyum lo bisa bicara tanpa harus berkata. Seperti kasus gue di atas itu. Padahal yang gue lakuin cuma mengeluarkan senyum termanis. Tapi dia malah ikutan senyum juga dan kesempatan emas itu ngga gue sia-siain begitu aja, gue langsung banting stir ke topik lain. Dan itu berhasil loh, dia jadi kaya terjangkit virus gitu sejak ngeliat senyum gue. Virus yang ngebikin dia punya amnesia singkat dan lupa kalo pernah nanya.


Lebih jauh tentang senyum. Menurut gue, saat kita tersenyum dengan tulus. Mereka yang ada di sekitar kita bakal ngerasain energi positif yang berhasil kita keluarkan. Apalagi buat mereka yang punya anatomi muka yang tergolong bisa memikat lawan jenis dengan mudah. Kalo tipe orang ini sering senyum, entah cewe atau cowo. Gue yakin siapapun juga bakalan seneng deket-deket atau menghabiskan waktu sama dia. Karena senyum tulus pada dasarnya mencerminkan hati seseorang.


Tapi dalam beberapa kasus. Senyum juga punya makna kelam dan kadang keluar pada beberapa orang yang udah mengalami kejadian ‘berbeda’. Bisa menggambarkan kenyataan paling pedih, kebencian teramat sangat, juga kehancuran hati seseorang. Sebenernya ada lagi sih, tapi cukup 3 genre lain dari senyum ini aja yang bakal gue jelasin di bawah. Dan as usual, ini bukan data valid yang gue dapet dari observasi bikin kuesioner yang di bagiin ke responden. Ini cuman perspektif gue aja ya.



  • 1.

Gue belum pernah ngalamin, tapi gue yakin cepat atau lambat nanti senyum ini pasti mampir ke muka gue. Iya, umumnya ini tentang mereka yang tetap mencoba tersenyum walaupun dilanda nestapa paling hitam dalam hidup. Mereka yang berusaha berlari walaupun tau kakinya udah lenyap. Dan senyum yang keluar dari bibir mereka gue rasa cukup buat menggambarkan betapa Kenyataan Paling Pedih udah dateng jadi mimpi buruk di siang hari buat mereka. Itu bukan pilihan melainkan hal yang harus mereka telan sebagai pil pahit yang mengerikan.



  • 2.

Kalo ini sih mayoritas gue temuin adegannya di sinetron-sinetron drama yang udah banyak banget ada di TV swasta. Simpel, senyum mereka berbahan bakar rasa emosi a.k.a dendam kesumat. Buat gue ini yang paling ngga banget. Yakarena gue emang orang yang jarang marah dan ngga terlalu jago buat nyimpen dendam ke seseorang. Latar belakang itu semua biasanya kejadian masa lalu yang menurut dia adalah kesalahan dari orang lain. Dan begitu ada kesempatan buat bales dendam. Trust me, senyum ini bakalan jadi yang pertama mereka pasang buat mencerminkan perasaan benci mereka.



  • 3.

Aduh, ini... Ini... Ini lumayan nyesek.
Gue bisa aja bikin post lain tentang senyum yang menggambarkan Kehancuran Hati Seseorang karena emang banyak banget yang bisa gue ketik. Tapi ini sedikit aja deh ya. Jadi senyum ini tuh yang paling banyak gue temuin di kalangan remaja. Contoh kasusnya gini. Lu bayangin saat lu berdiri beberapa meter di depan rumah seseorang, seseorang yang udah berhasil mengambil hati lo dengan tanpa paksaan. Semua berjalan baik-baik aja karena awalnya lo emang mau bikin kejutan dengan dateng ke rumahnya tanpa ngasih tau dulu. Tapi... Lu mendapati dia lagi bareng sama orang lain. Rangkul-rangkulan di sofa yang biasanya buat tempat lo duduk bareng dia! Udah kebayang? Dalam kondisi gitu lu pasti senyum dan senyum itu yang gue maksud.



Dari tiga itu gue tarik kesimpulan. Bahwasanya, suasana hati yang cenderung berbunga-bunga bukan satu-satunya alasan. Kadang kondisi hati yang paling kita hindarin justru bisa jadi pemicu senyum yang ‘dalam’.


Buat gue sendiri senyum adalah suatu ekspresi mutlak. Ekspresi yang bisa dilakuin semua orang, dan sangat sulit buat dipalsuin. Saat dia beneran sedih ngga mungkin dia bisa senyum seneng, pun sebaliknya. Dan gue juga bisa mencoba melatih intuisi buat ngebaca mood dari lawan bicara gue lewat hiasan temporer itu. Tapi selain senyum, sebenernya ada yang lebih vital lagi buat ngebaca mood. Sorot mata. Next post bakal gue kupas. Haha.


Jadi inti dari post gue yang ngga berguna ini tuh cuma pengen ngeliat kalian senyum. Itu aja kok. Khususnya kamu tuh, iyaa... Bukan dia, bukan temen kamu, atau bukan gebetan kamu yang sok tau itu. Tapi kamu.



K. See you when i see you~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beat Yourself.

Heloow~ Kemarin, tepatnya hari minggu gue abis ada pertemuan sama temen di komunitas gue. Wait... Komunitas? Iya buat yang belum tau, gue jadi salah satu volunteer di komunitas hijau di kota gue. Apa itu volunteer? Volunteer adalah sukarelawan, dia yang punya dedikasi terhadap suatu hal apapun itu dan mau mengerjakannya dengan sukarela tanpa   pamrih. Dia yang mau meluangkan waktu, tenaga, materi untuk kegiatan dengan ikhlas. Yaa, ehm, kaya gue gini. Cukup pengertian tentang volunteer, nanti gue dikira sombong lagi. Yang mau gue bahas disini adalah apa yang gue lakuin bareng mereka, maksud gue yang akan. Jadi kemarin itu kita ngebahas agenda untuk 3 bulan mendatang, Aksi apa aja yang bakal kita adakan untuk memperingati beberapa hari lingkungan kedepan. Seperti biasa, saat rapat berlangsung gue bersikap pasif. Gue emang kurang jago urusan ngomong dan jadi pusat perhatian di forum resmi kaya gitu. Tapi jangan salah ya, kalo disuruh ngomong depan gebetan sih gue u

Selenophile

Baiklah. 10 Agustus 2021 "Sepertinya memang sudah waktunya." Terbersit kata-kata itu di benakku sepulang dari kediaman Bapak Sekdes, awalnya aku kira kalimat itu hanya sekedar pemikiran yang spontan dan biasa. Seperti saat aku memikirkan bagaimana bisa seorang temanku sering datang terlambat padahal rumahnya dekat atau saat aku berencana meminta camilan di meja seorang rekan kerja untuk meredam lapar di sore hari . Aku melihat itu hanya pikiran biasa dan tidak memiliki arti apapun. Sore itu dalam perjalanan pulang berlatarkan matahari yang menggantung dan terus turun ke arah barat bumi. Sinarnya melemah seiring menit berlalu, aku merasakan waktu sangat cepat menyeret gelap muncul yang dimulai dari timur langit merembet perlahan memenuhi angkasa. Cahaya meredup sayup-sayup. Saat pertama aku tanpa sadar merapal harap agar gelap tidak menampakkan dirinya terlebih dahulu dan bisa menunggu lebih lama lagi, aku ingin lebih lama lagi, tolonglah.  Sebuah doa klise yang tidak mungkin

Turbulensi

Beberapa jam sebelum hari kemarin berakhir gue udah hampir collaps. Dengan sederet kejadian mengejutkan yang gue alamin sedari pagi sampe sore yang bisa bikin migrain. Kejadian berantai, maksud gue. Karena hal itu gue jadi ngga bisa melakukan hal ini. Karena hal ini ngga bisa gue lakukan, hal itu akhirnya ngga jadi. Sesuatu semacam itu, kalian pasti paham lah.   Kebanyakan manusia beruntung di hari kelahirannya, ya gue tau itu opini gue aja. Meskipun cuman opini tapi gue yakin banget, soalnya banyak temen/seseorang yang gue tau. Dari cerita yang gue denger dari mereka, ataupun dari yang gue tau. Hoki mereka seakan berlipat. Dan itu yang jadi patokan gue dalam menilai hari kelahiran. Hari yang beruntung.   Tapi semesta punya rencana lain buat gue. Selalu begitu, Tuhan Maha Mengejutkan.