Langsung ke konten utama

My 'Arsenal'

Jumat tanggal 13. Di tanggal yang sangat spesial ini, gue dedikasikan untuk ngebahas salah satu hal yang paling gue suka di muka bumi. Hal yang begitu kuat dimana ia melekat di dinding paru-paru. Salah satu dari banyak hal yang selalu gue impikan. Mimpi yang ngga mengenal waktu, dan akan terus begitu. Tapi kali ini bukan cewek ya, kalo itu sih udah di post lain. Bukan juga makanan. Yaa walaupun gue orangnya suka makan, tapi mungkin nasi padang bisa menunggu giliran untuk muncul di blog gue. Jadi apa?


Gue sebagai lelaki tulen, udah pasti suka sama hal-hal yang berbau fisik. Mulai dari  apapun itu, tanpa terkecuali, salah satunya olahraga fisik. Dan, ada satu cabang olahraga yang dominan di planet ini. Gue juga berani jamin kalo peminatnya adalah 3/4 dari koloni manusia di dunia. Olahraga yang gue rasa ngga mungkin bisa hilang bahkan oleh invasi alien sekalipun. Satu buah titik, yang bisa menyulap seluruh wajah bumi dalam kurun waktu 4 tahun sekali. Udah tau pasti ya. Kalo belum tau jawabannya mending langsung close tab deh. Haha.


Adalah sepak bola. Kenapa sepak bola? Kenapa lo nanya gitu? Segala macem pakar pasti setuju sama pendapat gue barusan. Mulai dari pakar kesehatan di gedung WHO sampe pakar minuman oplosan di Jawa Barat sana. Ngga bakal ada yang ngga setuju kalo gue bilang sepak bola itu olahraga paling populer seantero bumi ini.


 
Gue pun, menyukai sepak bola. Sangat. Dan itu ngga terlepas dari seluruh ornamen hidup di masa lalu gue. Mereka, teman-teman gue semasa SD yang tiap sore selalu ngajakin gue nendang bola plastik di lapangan badminton yang kondisinya kaya abis kena ranjau. Anak komplek gue yang tiap malem minggu maen bola di jalanan gang serta bertiangkan portal. Abang-abang kece yang udah ngebantai gue tanpa belas kasih pas jaman maen winning eleven. Walaupun kita beda-beda klub favorit. Mereka sangat berjasa untuk memupuk kecintaan gue terhadap olahraga laki ini. Forever thankful. :”)


Ohya ngomongin klub favorit. Di semesta ini, cuma ada satu klub sepak bola yang selalu punya tempat permanen di hati gue. London Merah. Arsenal.


Arsenal. Kalo gue mau, gue bisa melukiskan Arsenal dengan kalimat yang begitu memesona. Dengan untaian kata merah padam. Dengan letupan kembang api di setiap ujung kalimat. Dengan banyak hentakan pada suku katanya. Dengan keistimewaan yang akan diiringi kecemburuan untuk mereka yang membacanya. Tapi gue urung. Terlalu berlebihan gue rasa jika kita memprolamirkan kecintaan ke klub favorit dengan berpesta syair yang bisa dibaca orang banyak. Cukup di hati aja. Ehehe.


Emm, gue masih inget kenapa awalnya gue bisa suka sama Arsenal. Dan alasan ini gue rasa cukup unik dan ngga biasanya. Kebanyakan orang mungkin bakal suka sama klub sepak bola saat mereka ditunjukan atau direkomendasiin sama orang yang berpengaruh buat dia. Kaya contohnya temen gue yang suka Manchester United gegara ketularan bokapnya. Atau saat orang itu ngga sengaja nonton klub bola itu di tv dan mendadak suka. Beberapa lagi bahkan suka hanya karena faktor muka si pemain. Tapi gue beda. Dan sekali lagi, gue harus berterima kasih sama abang-abang kece yang selalu ngajak gue maen PS 1 dulu.


PS? Yup. Gue suka Arsenal karena bermain playstation. Tahunnya gue agak lupa, tapi kayanya awal tahun 2005. Jadi ceritanya gini...


Di pagi hari itu. Seperti biasa, gue dengan baju putih yang dimasukin ke celana selutut warna merah dan memakai poni rata kebanggaan gue berangkat ke sekolah dengan jalan kaki. Letak rumah gue sama sekolah yang ngga terlalu jauh jadi salah satu alesan kenapa gue jalan kaki.


Wait... Biar gue persingkat. Pas siang hari dimana gue udah pulang sekolah, entah setan alas mana yang nyamperin gue. Gue jalan lebih jauh ke arah utara sekitar 50 kaki menuju ke rumah tetangga. Padahal gue ngga biasanya kaya gitu loh, tapi saat itu gue rasanya pengen bandel aja. Mungkin termotivasi sama begundal senior SD gue yang ngerasa paling ganteng sekelurahan yang tiap hari kerjaannya isengin adek kelas itu. Atau apalah, ngga tau kenapa. Jadi hari itu gue ngga langsung pulang ke rumah. Disanalah semua bermula.


Keadaan ramai lancar, di rumahnya. Karena saat gue dateng itu para anak-anak tetangga udah pada ngumpul buat maen PS. Nah PS. Gue emang sering maen PS disini, tapi seringnya sih nontonin orang maen PS. Karena gue emang masih culun dan belum pro. Siang itu saat gue dateng gue langsung didaftarin ikut maen cup Winning Eleven. Timingnya pas banget, dan saat gue ngetik ini gue makin percaya kalo itu takdir. :”)


Gue kebagian milih tim terakhir, karena gue yang paling kecil. Agak lama gue milih, bukan karena gue lagi mikir atau analisa. Bukan. Gue lama milih karena gue lagi muter-muter nyari tim yang kekuatannya full satu batang. Dan, dewi fortuna sama dewi aphrodite gue rasa lagi tersenyum sama gue waktu itu. Jatuhlah pilihan gue ke tim yang sangat asing buat gue. Arsenal.


Jujur gue masih ngga ngerti cara setting formasinya dulu, jadi masih default. 2x5 menit gue maen. Tanpa pergantian pemain, tanpa trik khusus. Tapi anehnya. Gue menang! Iya. Lawan gue sampe heran. Gue yang biasanya jadi bahan bullyan kok mendadak jago. Dan setelah insiden yang bikin gue sumringah seharian itu. Tanpa perlu gue pertegas di depan mereka. Arsenal udah terpatri di dalam diri gue.


Arsenal akan selalu jadi klub favorit gue sepanjang masa. Sampai saat gue nulis ini pun, gue masih ngebayangin 2 gol solo run-nya Thierry Henry yang bikin gue menang. Mata gue masih berbinar kalo inget betapa ajaibnya King Henry yang ngga lain karena tangan gue sendiri. Sejak saat itu gue selalu pake Arsenal buat ngelawan mereka. Persentase kemenangan gue pun melesat jadi 80%.


Saat gue udah kenal internet, gue mulai nyari sejarah tentang Arsenal. Apapun itu gue baca, walaupun dulu pemahaman gue masih cetek dan kebanyakan ngga ngerti. Tapi gue tetep baca. Sekali lagi, gue bener-bener merasa jiwa gue ada di klub ini. Kebanggaan. Kehormatan. Kesenangan. Semua tulus tanpa rekayasa fiktif dari siapapun. I know I am I sure I am, I’m Arsenal till I die.


Salah satu keuntungan menjadi penggemar tim sepak bola kelas wahid adalah, lo ngga sendiri. Ada banyak orang diluar sana yang sama kaya lo. Dan bagi gue pribadi. Siapapun mereka, dimanapun letaknya, apapun alasannya. Saat mereka juga menyukai hal yang gue cinta, dalam konteks ini Arsenal. Kita bisa jadi sesuatu. Teman, sahabat, saudara, atau lebih. Selama kita punya kesamaan yang kuat. Gue sangat menghargai orang tersebut. Tapi bukan artinya gue benci dan antipati sama penggemar klub lain ya. Cuma mungkin gue bakal lebih mengalir sama dia yang satu kiblat sama gue.


Gue ngga tau kenapa tapi fan Arsenal jadi minoritas di lingkungan gue. Hal ini yang kadang menyulitkan gue buat bertukar pendapat. Tapi gue ngga kehabisan akal, gue nyari wadah lain dimana gue bisa nemuin mereka yang bertipe sama, selain di lingkungan gue pastinya. Gue lumayan sering berkunjung ke Arsenal Kaskus buat sekedar numpahin unek-unek. Atau... Lewat grup Line. AHLG.


Mengenai AHLG, alias Arsenal HiLite Grup. Gue punya banyak kata mutiara buat mereka yang ngga mungkin gue curahin dimanapun kecuali di binder superman setia gue.


Awal gue masuk AHLG, gue masih bingung. Ini grup apaan nih, kok sok tau gini orang-orangnya. Gue yang emang orangnya idealis dan perfeksionis sempet dibuat kesel juga sama ocehan mereka yang kadang jauh dari pikiran gue. Awalnya gue pengen langsung leave...awalnya loh.

 
Gue mikir, mungkin gue cuma belum kenal mereka lebih jauh dan saat itu gue masih dalam tahap adaptasi sama obrolan grup yang gue sama sekali ngga nyambung. Setelah beberapa kali konsul lewat personal chat sama dia, orang yang masukin gue kesana. Gue mutusin buat beberapa hari lagi beradaptasi.


Dan terbukti, negatif thinking itu emang racun yang bener-bener mematikan. Setelah gue berhasil ngebuang itu beserta seperangkat ego dan mencoba buat sok-sokan nimbrung. Semua jadi terasa berbeda. Emang bener ya, mindset itu penting. Perlu waktu yang cukup lama sampe gue bisa menyesuaikan.


Lalu gue inget sama apa yang harusnya gue inget sedari awal. Kita sama. Fans Arsenal. Walaupun ada jutaan pikiran kita yang mungkin berbeda dan bertolak belakang. Miliaran sifat yang kontradiktif. Ratusan kepribadian yang sama sekali jauh dari harapan. Puluhan latar belakang yang masih jadi misteri. Tapi ada satu sel yang menghubungkan syaraf kita. Merajutnya menjadi satu kesatuan dan memahatnya di grup itu. DNA Arsenal yang kita semua punya adalah persamaan yang gue rasa lebih dari cukup.


Gue menyukai mereka. Bagi gue mereka adalah teman dekat yang tersebar di Indonesia. Walaupun kita belum pernah bertatap muka sebelumnya, tapi gue yakin mereka itu orang baik. Sadar atau ngga, mereka udah mengajari gue banyak hal baru. Kita sering berbagi cerita lewat grup itu. Apapun, entah bermanfaat atau ngga. Tapi yang paling penting, gue bisa mengeluarkan bermacam pendapat tentang Arsenal tanpa harus merasa jadi anomali.


Mungkin deskripsi perasaan gue tergolong lebay ya. HAHA! Intinya, Walaupun temen di lingkungan gue udah bejibun, friendlist Line dan BBM yang juga udah luber kemana-mana. Tapi ‘tolong’ mereka akan selalu bersambut oleh gue. Seperti yang gue lakuin ke temen-temen gue yang lain.

Proud of you guys!


Anw, gue bisa aja sih menggambarkan mereka satu-persatu lewat paragraf, tapi next time aja mungkin.
K! See you when I see you~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beat Yourself.

Heloow~ Kemarin, tepatnya hari minggu gue abis ada pertemuan sama temen di komunitas gue. Wait... Komunitas? Iya buat yang belum tau, gue jadi salah satu volunteer di komunitas hijau di kota gue. Apa itu volunteer? Volunteer adalah sukarelawan, dia yang punya dedikasi terhadap suatu hal apapun itu dan mau mengerjakannya dengan sukarela tanpa   pamrih. Dia yang mau meluangkan waktu, tenaga, materi untuk kegiatan dengan ikhlas. Yaa, ehm, kaya gue gini. Cukup pengertian tentang volunteer, nanti gue dikira sombong lagi. Yang mau gue bahas disini adalah apa yang gue lakuin bareng mereka, maksud gue yang akan. Jadi kemarin itu kita ngebahas agenda untuk 3 bulan mendatang, Aksi apa aja yang bakal kita adakan untuk memperingati beberapa hari lingkungan kedepan. Seperti biasa, saat rapat berlangsung gue bersikap pasif. Gue emang kurang jago urusan ngomong dan jadi pusat perhatian di forum resmi kaya gitu. Tapi jangan salah ya, kalo disuruh ngomong depan gebetan sih gue u

Selenophile

Baiklah. 10 Agustus 2021 "Sepertinya memang sudah waktunya." Terbersit kata-kata itu di benakku sepulang dari kediaman Bapak Sekdes, awalnya aku kira kalimat itu hanya sekedar pemikiran yang spontan dan biasa. Seperti saat aku memikirkan bagaimana bisa seorang temanku sering datang terlambat padahal rumahnya dekat atau saat aku berencana meminta camilan di meja seorang rekan kerja untuk meredam lapar di sore hari . Aku melihat itu hanya pikiran biasa dan tidak memiliki arti apapun. Sore itu dalam perjalanan pulang berlatarkan matahari yang menggantung dan terus turun ke arah barat bumi. Sinarnya melemah seiring menit berlalu, aku merasakan waktu sangat cepat menyeret gelap muncul yang dimulai dari timur langit merembet perlahan memenuhi angkasa. Cahaya meredup sayup-sayup. Saat pertama aku tanpa sadar merapal harap agar gelap tidak menampakkan dirinya terlebih dahulu dan bisa menunggu lebih lama lagi, aku ingin lebih lama lagi, tolonglah.  Sebuah doa klise yang tidak mungkin

Turbulensi

Beberapa jam sebelum hari kemarin berakhir gue udah hampir collaps. Dengan sederet kejadian mengejutkan yang gue alamin sedari pagi sampe sore yang bisa bikin migrain. Kejadian berantai, maksud gue. Karena hal itu gue jadi ngga bisa melakukan hal ini. Karena hal ini ngga bisa gue lakukan, hal itu akhirnya ngga jadi. Sesuatu semacam itu, kalian pasti paham lah.   Kebanyakan manusia beruntung di hari kelahirannya, ya gue tau itu opini gue aja. Meskipun cuman opini tapi gue yakin banget, soalnya banyak temen/seseorang yang gue tau. Dari cerita yang gue denger dari mereka, ataupun dari yang gue tau. Hoki mereka seakan berlipat. Dan itu yang jadi patokan gue dalam menilai hari kelahiran. Hari yang beruntung.   Tapi semesta punya rencana lain buat gue. Selalu begitu, Tuhan Maha Mengejutkan.