Langsung ke konten utama

"gengsi"

Bukannya sok kritis atau apa ya, tapi gue bener-bener bingung sama gengsi manusia jaman sekarang. Barusan aja, eh tapi sebenernya kejadiannya udah lumayan lama sih cuman gue baru sempet nulisnya hari ini. Jadi tuh kemaren di jalan sebelum berangkat ke kantor pas banget di depan mata gue ada tabrakan! Iya, pas banget depan mata gue gue liat motor honda CS1 yang di kendarain sama cowo yang menurut emaknya ganteng nabrak ibu-ibu muda bersepeda.


Kejadiannya ga ada 3 detik tapi gue masih inget jelas kronologisnya, menurut gue dua-dua nya salah. Lah gimana ngga, yang pertama gue ngga tau itu cowok lagi mikirin apaan sehingga dia ngga fokus ke jalanan. Terus ibu-ibu yang naek sepeda juga asal nyebrang ga liat kiri kanan. And then, terjadilah 'ciuman' mereka. Dan yang gue ngga habis pikir itu orang berdua bukannya sadar sama kesalahan masing-masing malah saling perang mulut di tengah jalan.


Dari kejadian yang pernah gue alamin itu
gue dapet kesimpulan kalo gengsi manusia jaman sekarang itu udah jauh dari kata normal, masih banyak contoh yang ngewakilin statement gue barusan. Kenapa gue nulis gini? Ambil aja dari contoh yang gue kasih. Kalo aja satu diantara mereka mau ngebuang gengsi nya barang sebentar aja buat minta maaf, acara teriak-teriak di pinggir jalan kaya buruh lagi demo pas tanggal 1 Mei ngga bakalan ada. Pemandangan nya jadi lebih indah kalo logika mereka jalan ketimbang gengsi yang jalan.
Sebenernya maaf itu ringan di ucapin, tapi gengsi yang segede tembok cina itu mempersulit semuanya. Gue tau kok normal buat manusia punya gengsi, tapi itu kan bisa kita kendaliin biar ga jadi bumerang buat kita. Dari pada lo miara gengsi yang makin di piara makin gede, mendingan lo miara kambing. Lebih jelas manfaatnya kan?


Anw, ngomongin soal gengsi ngga bakal lengkap kalo ga ngomongin makhluk tuhan yang paling sempurna  Iya lo tau maksud gue, cewek! Gengsi itu udah melekat sama yang namanya cewek mungkin sejak zaman megalitikum. Dan gue yakin kalo manusia purba masih hidup sampe sekarang dan bisa di interview, mereka bisa aja setuju sama pendapat gue.


"Ah, enggak. Sotoy lo!", mungkin kalimat ini yang ada di pikiran cewe pas baca tulisan gue ini. It's okay, gue ngga bakal marah karna emang di negara ini bebas mengeluarkan pendapat. Gue juga punya perspektif tersendiri kenapa gue bisa ngomong kalo diantara cewek sama cowok yang paling keliatan punya gengsi gede itu cewe. Inget yang keliatan, bukan berarti cowok ngga gengsian. Cowok juga gengsian kok, bahkan lebih gede daripada cewek. Tapi cowok punya cara tersendiri buat nutupin gengsi mereka yang  kalo dikalkulasiin mungkin bisa ngelebihin gengsi cewek. Caranya? Logika dasar. Itu yang ngebedain cowok sama cewek dalam nunjukin gengsi mereka. Ga perlu gue jabarin ya apa itu logika dasar.


Banyak contoh-contoh kecil di sekitar gue tentang gengsi nya seorang cewek yang ngga masuk akal, gue ada temen cewek yang ngga perlu gue sebut namanya. Dia waktu itu lagi naksir berat sama temen cowoknya, dan menurut gue temen cowok nya itu juga naksir sama dia.  Pernah waktu itu dia cerita ke gue kalo dia kangen chattingan sama temen cowoknya itu. Yaudah gue suruh deh dia buat chat duluan, dan lo tau apa kejadian selanjutnya kan. Yup, gengsinya menghalangi kebahagiaan dia. Itu salah satu contohnya ya, dan buat yang merasa gue minta maaf banget. Haha.


Tapi kalo ngga ada gengsi pada cewek kayanya hidup jadi kurang berwarna ya. Lo tau lah maksud gue. Tanpa ada nya gengsi mungkin cewek-cewek ngga bakal ada yang nyebelin, jual mahal, atau pun cuek ke cowoknya.


Menurut gue akibat sifat gengsi cewek yang paling ngeselin itu saat cewek 'teriak - teriak ngasih kode' ke cowok, untuk sifat cewek yang ini gue sama sekali ngga paham. Kenapa harus ngasih 'kode' kalo dia bisa ngomong langsung ke cowoknya. Kenapa harus muter dari Sabang sampe Merauke cuma untuk pergi ke Bandung. Come on, ga semua cowok itu magician girls, lo kira kita ini pesulap yang bisa baca pikiran kalian? Kita juga bukan agen CIA yang bisa mecahin semua kode brilian hasil pemikiran kalian yang sama sekali ngga ada di pikiran kita. y u no to the point? Huft.

Jadi inti tulisan yang abstrak bin ga jelas dari gue ini biar lo pada ngerti lah cara menggunakan gengsi yang 'baik dan benar', especially u girls. Gengsi itu normal, selama ada di saat yg normal.
K! See you when i see you.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beat Yourself.

Heloow~ Kemarin, tepatnya hari minggu gue abis ada pertemuan sama temen di komunitas gue. Wait... Komunitas? Iya buat yang belum tau, gue jadi salah satu volunteer di komunitas hijau di kota gue. Apa itu volunteer? Volunteer adalah sukarelawan, dia yang punya dedikasi terhadap suatu hal apapun itu dan mau mengerjakannya dengan sukarela tanpa   pamrih. Dia yang mau meluangkan waktu, tenaga, materi untuk kegiatan dengan ikhlas. Yaa, ehm, kaya gue gini. Cukup pengertian tentang volunteer, nanti gue dikira sombong lagi. Yang mau gue bahas disini adalah apa yang gue lakuin bareng mereka, maksud gue yang akan. Jadi kemarin itu kita ngebahas agenda untuk 3 bulan mendatang, Aksi apa aja yang bakal kita adakan untuk memperingati beberapa hari lingkungan kedepan. Seperti biasa, saat rapat berlangsung gue bersikap pasif. Gue emang kurang jago urusan ngomong dan jadi pusat perhatian di forum resmi kaya gitu. Tapi jangan salah ya, kalo disuruh ngomong depan gebetan sih gue u

Selenophile

Baiklah. 10 Agustus 2021 "Sepertinya memang sudah waktunya." Terbersit kata-kata itu di benakku sepulang dari kediaman Bapak Sekdes, awalnya aku kira kalimat itu hanya sekedar pemikiran yang spontan dan biasa. Seperti saat aku memikirkan bagaimana bisa seorang temanku sering datang terlambat padahal rumahnya dekat atau saat aku berencana meminta camilan di meja seorang rekan kerja untuk meredam lapar di sore hari . Aku melihat itu hanya pikiran biasa dan tidak memiliki arti apapun. Sore itu dalam perjalanan pulang berlatarkan matahari yang menggantung dan terus turun ke arah barat bumi. Sinarnya melemah seiring menit berlalu, aku merasakan waktu sangat cepat menyeret gelap muncul yang dimulai dari timur langit merembet perlahan memenuhi angkasa. Cahaya meredup sayup-sayup. Saat pertama aku tanpa sadar merapal harap agar gelap tidak menampakkan dirinya terlebih dahulu dan bisa menunggu lebih lama lagi, aku ingin lebih lama lagi, tolonglah.  Sebuah doa klise yang tidak mungkin

Turbulensi

Beberapa jam sebelum hari kemarin berakhir gue udah hampir collaps. Dengan sederet kejadian mengejutkan yang gue alamin sedari pagi sampe sore yang bisa bikin migrain. Kejadian berantai, maksud gue. Karena hal itu gue jadi ngga bisa melakukan hal ini. Karena hal ini ngga bisa gue lakukan, hal itu akhirnya ngga jadi. Sesuatu semacam itu, kalian pasti paham lah.   Kebanyakan manusia beruntung di hari kelahirannya, ya gue tau itu opini gue aja. Meskipun cuman opini tapi gue yakin banget, soalnya banyak temen/seseorang yang gue tau. Dari cerita yang gue denger dari mereka, ataupun dari yang gue tau. Hoki mereka seakan berlipat. Dan itu yang jadi patokan gue dalam menilai hari kelahiran. Hari yang beruntung.   Tapi semesta punya rencana lain buat gue. Selalu begitu, Tuhan Maha Mengejutkan.