Langsung ke konten utama

Beat Yourself.


Heloow~





Kemarin, tepatnya hari minggu gue abis ada pertemuan sama temen di komunitas gue. Wait... Komunitas? Iya buat yang belum tau, gue jadi salah satu volunteer di komunitas hijau di kota gue. Apa itu volunteer? Volunteer adalah sukarelawan, dia yang punya dedikasi terhadap suatu hal apapun itu dan mau mengerjakannya dengan sukarela tanpa  pamrih. Dia yang mau meluangkan waktu, tenaga, materi untuk kegiatan dengan ikhlas. Yaa, ehm, kaya gue gini.


Cukup pengertian tentang volunteer, nanti gue dikira sombong lagi. Yang mau gue bahas disini adalah apa yang gue lakuin bareng mereka, maksud gue yang akan. Jadi kemarin itu kita ngebahas agenda untuk 3 bulan mendatang, Aksi apa aja yang bakal kita adakan untuk memperingati beberapa hari lingkungan kedepan. Seperti biasa, saat rapat berlangsung gue bersikap pasif. Gue emang kurang jago urusan ngomong dan jadi pusat perhatian di forum resmi kaya gitu. Tapi jangan salah ya, kalo disuruh ngomong depan gebetan sih gue udah masuk level pro yang bisa ngebacot dengan indah. Seni ngebacot dengan indah ini bukan sembarangan lho, lo perlu
punya pengalaman dan mental yang mumpuni sebagai syaratnya. Dan percaya sama gue, saat lo udah nguasain skill ini, pedekate ngga bakal serumit dan sesulit biasanya.


Oke skip, balik ke forum tadi. Mereka ngomong banyak bener, ngebahas planning yang menurut gue sulit dan cukup bikin capek. Tapi gue tetep serius dengerin mereka ngga peduli apapun. Prinsip gue, saat kita ada di dalam forum. Sangat ngga dianjurkan untuk ngebuat forum tandingan. Artinya ngobrol. Karena gue orangnya respect ke tiap orang yang berkapasitas, kaya temen-temen komunitas gue ini. Oh ya mengenai mereka. Gue belum terlalu akrab sama mereka. Mungkin karena latar belakang kita yang berbeda-beda dan itu ngebuat gue jadi agak segan. Entahlah, tapi gue tetep ngga bisa sok asik sama mereka yang belum gue kenal deket, terutama para senior di komunitas ini. Dari cara ngomongnya, gue yakin gue ngga perlu minta salinan hasil uas mereka buat tau kalo mereka emang orang cerdas. Dan itu yang ngebuat gue mau mendengarkan dengan penuh apa yang mereka diskusiin.


Rapat ini berlangsung dari jam 11 dan sampai lewat maghrib belum juga kelar. Gila. 100% fokus gue di beberapa jam awal perlahan berhamburan kemana-mana. Gue mulai jenuh dan ngga nyimak lagi mereka ngomongin apa. Kuping sama perut gue pun sepakat dan mendukung penuh, jadilah gue terkantuk-kantuk sambil kelaperan. Mau ngga mau gue harus cari jalan keluar, dengan berat hati, saat itu gue ‘ngerusak’ prinsip gue. Iyap. Gue ngobrol sama temen sebelah gue yang keliatan dari mukanya kalo dia ngerasain juga apa yang gue rasain. Lalu kita ngobrol panjang lebar kesana kemari, untuk sekedar ngusir ngantuk sama laper gue pikir cara ini cukup sukses. Sampai akhirnya mulut gue mendadak mingkem, lidah gue kelu, leher gue kaku, kaki gue lumpuh, tangan gue ngilu, oke yang dua terakhir itu berlebihan. Tapi tau apa penyebab gue gitu?


Gue ditunjuk sama senior! Bukan ditunjuk secara harfiah pake jari telunjuk atau jari tengah ya, bukan. Dengan sepihak dan mencurigakan, gue ditunjuk jadi koordinator acara salah satu event. Gue yang bingung kenapa nama gue diteriakkin langsung gelagapan dong. Awalnya gue kira gue ketauan lagi bikin forum tandingan. Taunya bukan. Dan saat tau gue dikasih jabatan itu gue bingung dan niatnya mau mikir-mikir dulu. Tapi sepersekian detik kemudian gue ngga tau setan alas mana yang mampir depan gue, dengan gampangnya gue bilang IYA. Edan.


Berhubung gue orangnya pemikir, jadi sesuatu yang gue sebut insiden ngga sengaja ini masuk di urutan pertama agenda mikir otak gue. Sampe rumah pun gue masih kepikiran bacotan spekulasi gue yang sangat beresiko di rapat tadi. Gue yang notabene ngga punya skill leader dibuat kocar-kacir sama pikiran pesimis. Gimana nanti, gimana kalo, gimana nih! Gue panik, serius, tapi gue ngga berani bilang langsung ke senior. Alesannya? Gengsi. Haha. Iyalah. Masa laki-laki ngejilat ludah sendiri, walaupun gue ngeludahnya secara ngga sengaja tapi tetep aja pantang buat gue narik ucapan di rapat tadi.


Jadi dengan modal optimis yang dipaksakan, Challenge Accepted!
 
Gue mencoba menantang diri gue sendiri dengan cara keluar dari zona nyaman. Zona yang selalu gue dudukin dengan tenang, zona hangat yang memanjakan hidup gue. Zona yang bersifat korosif dan destruktif. Mengenai zona nyaman ini, bagi gue zona nyaman itu adalah penyakit di kehidupan. Dia bisa membunuh kita dengan tanpa membunuh. Kebayang ngga? Saat kita belum mati tapi kita berasa udah mati. Salah satu yang dapat menyebabkan itu adalah kita yang selalu berdiri di dalam garis nyaman kehidupan. Zona nyaman ngga akan ngasih lo kenyamanan seperti namanya. Dia akan memenjarakan siapapun itu yang udah masuk kesana. Dan selayaknya penyakit yang punya obat dan penjara yang punya pintu untuk bisa keluar. Zona nyaman juga punya penangkal yang bisa menolong lo. Dan itu...


Brave!

Emang bukan sifat bawaan lahir sih, tapi bisa dipelajarin! Berani. Gue pun lagi belajar untuk punya sifat ini. Rada sulit, dan taruhannya bukan main-main loh. Rasa takut kita. Kita harus bisa mempertaruhkan ketakutan demi menambahkan kata berani ke karakter kita. Saat rasa takut kita nyuruh buat mundur, cuman mereka yang bermental lemah yang bakal ngikutin. Sedangkan untuk mereka yang berani atau setidaknya sedang belajar buat berani. Rasa takut adalah reverse detektor. Atau detektor kebalikan. Kemanapun detektor itu mengarah, mereka pasti pergi ke arah sebaliknya. Dan keberanian ini yang akan dengan mudah bisa ngebantu lo buat keluar dari zona nyaman yang bagaikan bom waktu itu. Kenapa gue bilang bom waktu, karena cepat atau lambat kalo lo ngga bisa keluar dari zona nyaman. Hidup lo taruhannya. Lo akan stuck di satu tempat, dan tetap disitu sampe lo cukup berani buat melangkah keluar dari lingkaran yang bener-bener nyusahin itu.


“Emang salah kalo gue ada di zona nyaman?”

Ngga, lo ngga salah. Cuman suatu saat nanti diri lo sendiri pasti bakalan digamparin bolak-balik, sama yang namanya penyesalan. Dan buat gue, ngebayangin penyesalan yang bakal nunggu gue di ujung lorong zona nyaman itu udah cukup mengerikan.


Dalam suatu hubungan, zona nyaman ini juga punya andil besar. Gue nyebutnya zona terkutuk, yang bisa mengurung kita seperti kera dalam sangkar. Gue males bahas lebih lanjut dan ngasih contoh karena emang bukan tempatnya di post ini. Hehe.


Jadi intinya, semoga gue bisa mengeluarkan 120% kemampuan gue untuk bisa ngalahin rasa takut akan resiko yang merupakan salah satu jobdesc dari jabatan gue nanti yaitu seorang koordinator acara. Ya gue akuin sih, ketakutan memang mengerikan, tetapi alangkah lebih bijak jika kita bisa lebih takut akan apa yang dihasilkan ketakutan itu nanti. Dan saat ketakutan itu sendiri udah bisa gue lampauin. Future will be mine, dude.


Kurang lebih gitu sih... 
K. See you when I see you~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selenophile

Baiklah. 10 Agustus 2021 "Sepertinya memang sudah waktunya." Terbersit kata-kata itu di benakku sepulang dari kediaman Bapak Sekdes, awalnya aku kira kalimat itu hanya sekedar pemikiran yang spontan dan biasa. Seperti saat aku memikirkan bagaimana bisa seorang temanku sering datang terlambat padahal rumahnya dekat atau saat aku berencana meminta camilan di meja seorang rekan kerja untuk meredam lapar di sore hari . Aku melihat itu hanya pikiran biasa dan tidak memiliki arti apapun. Sore itu dalam perjalanan pulang berlatarkan matahari yang menggantung dan terus turun ke arah barat bumi. Sinarnya melemah seiring menit berlalu, aku merasakan waktu sangat cepat menyeret gelap muncul yang dimulai dari timur langit merembet perlahan memenuhi angkasa. Cahaya meredup sayup-sayup. Saat pertama aku tanpa sadar merapal harap agar gelap tidak menampakkan dirinya terlebih dahulu dan bisa menunggu lebih lama lagi, aku ingin lebih lama lagi, tolonglah.  Sebuah doa klise yang tidak mungkin

Turbulensi

Beberapa jam sebelum hari kemarin berakhir gue udah hampir collaps. Dengan sederet kejadian mengejutkan yang gue alamin sedari pagi sampe sore yang bisa bikin migrain. Kejadian berantai, maksud gue. Karena hal itu gue jadi ngga bisa melakukan hal ini. Karena hal ini ngga bisa gue lakukan, hal itu akhirnya ngga jadi. Sesuatu semacam itu, kalian pasti paham lah.   Kebanyakan manusia beruntung di hari kelahirannya, ya gue tau itu opini gue aja. Meskipun cuman opini tapi gue yakin banget, soalnya banyak temen/seseorang yang gue tau. Dari cerita yang gue denger dari mereka, ataupun dari yang gue tau. Hoki mereka seakan berlipat. Dan itu yang jadi patokan gue dalam menilai hari kelahiran. Hari yang beruntung.   Tapi semesta punya rencana lain buat gue. Selalu begitu, Tuhan Maha Mengejutkan.